Sabtu, 12 Desember 2015

(Solusi?) modem Siera Wireless 754s restart sendiri

Di beberapa blog dalam dan luar negeri yang aku baca, penyebab utama modem imut-imut ini sering reboot sendiri saat dicolokkan tanpa baterai adalah arus listrik yang masuk kurang stabil. Dimana benda yang paling berpengaruh adalah kualitas kabel data. Beberapa dari mereka telah mencoba dengan kabel data dari hape lain. Bahkan kabel sekelas apel kroak pun tak mampu membuatnya "anteng"(bhs.Jawanya stabil).

Akhirnya aku berpikir begini. Berbekal ilmu elektro dasar sewaktu SMP(ada gunanya juga matpel ini) kumainkan logikaku. Salah satu sebab kuat arus adalah hambatan penghantar(kabel). Semakin besar hambatan maka semakin kecil kuat arus.
Rumusnya begini V=I/R
Dimana 
V = tegangan listrik
I = kuat arus
R= hambatan

Tentu pabrikan modem telah mengatur agar modem otomatis reboot saat arus mencapai sekian Ampere. Nah tugas kita jika ingin dia tidak reboot sendiri adalah menjaga agar kuat arus tidak turun hingga mencapai standar yang telah ditetapkan pabrik.
Maka yang paling mudah dilakukan adalah mengurangi hambatan. Kenapa begitu?
Karena hambatan penghantar berbanding terbalik dengan dengan kuat arus. Semakin kecil hambatan berarti semakin besar kuat arus.
Di sisi lain hambatan penghantar berbanding lurus dengan panjang penghantar. Semakin panjang hambatan berarti semakin besar pula hambatan.
Nah, jika ingin hambatan berkurang maka panjang kabel harus dikurangi.
Jadi kesimpulannya begini :

  1. Panjang kabel berkurang = hambatan berkurang
  2. Hambatan berkurang = kuat arus meningkat
  3. Kuat arus meningkat = saat kuat arus masuk modem turun tidak akan mencapai standar batas minimal
  4. Arus masuk di atas batas = modem bebas reboot
Walhasil aku pakai kabel data nokia yang panjangnya cuma 1/5 panjang kabel data yang asli

Ini dia penampakannya 

Dicolokkan langsung ke sumber listrik tanpa baterai denga kabel data pendek


Perbandingan kabel data ori dan kabel data n*kia yang pendek

NB : Tulisan di atas hanya teori. Belum terbukti kebenarannya. Jadi tanggung sendiri resikonya jika Anda melakukannya. Aku tidak bertanggungjawab atas kebenarannya.

Sembilan Januari dua ribu lima belas

 Sudah dua hari terakhir berturut- turut asmaku sering kambuh. Mungkin kecapekan mengurus SIM kemarin. La wong antri mulai jam 8, baru selesai setengah 3. Makan siang telat pula. Habis selesai ngurus SIM baru maksi.
 Sore- sore periksa diri ke dokter, dikasi resep obat berikut :

  • Salbutamol 0,5 mg -> untuk asma(sudah sering pake)
  • Dexamethasone 0,5 mg -> anti alergi (jarang sekali minum)
  • Mebhydrolin 50 mg -> asma akut
 Aku lihat di balik kemasan masing- masing tertera harga berikut ini :
  • Salbutamol        = Rp4128,-
  • Mebhydrolin      = Rp7563,-
  • Dexamethasone  = Rp2493,-
  • ______________________ +
  • Total                = Rp14.184,- dibulatkan menjadi Rp14.200,-
Gile bener ya apotek yg kemarin ambil untung dari obat tsb. Karena total jenderal sama ongkos dokter jadi 70ribuan..(atau mungkin ongkos dokternya yg mahal?)

Entahlah, ikhlas aja deh yg penting sembuh. Tapi lain kali gak akan beli di apotek yang sama lagi.

Kamis, 11 Juni 2015

Samsat Corner Sukodono

Berawal dari masalah rutin, bayar Pajak Kendaraan Bermotor. Tapi kali ini milik istri. Cie...pertama kalinya dalam hidupku, bayar pajak milik istri.( Meski uangnya milik istri, hehe ^-^).
Kebetulan alias ditakdirkan Allah swt, kami berdomisili di Ngaresrejo. Jadi jarak ke Samsat Krian jauh, apalagi ke Samsat Sidoarjo di jl. Cemengkalang, tambah jauh amirrr...
   Akhirnya googling sebentar, ternyata sudah ada Samsat Pojok di Puspa Agro. Horeee...air su dekat...Lokasinya ada di sebelah kiri dari pintu masuk. Dari pintu masuk ada pertigaan belok kiri. Lalu ketemu rusun dan masjid. Nah, di sebelahnya lagi ada deretan toko. Salah satunya Bank Jatim.
   Yups, disitulah kantor Samsat-nya. Pintu masuknya jadi satu dengan Bank Jatim. Mejanya juga gandeng dengan teller, tapi duduknya sendiri- sendiri yaaa..gak pake dipangku. Hehehe.....
   Sayang tadi lupa gak ambil gambarnya langsung.
Ini gambar tampak depan sy ambil dari situsnya polres sidoarjo
http://www.polres-sidoarjo.com/berita/image/samsat_pojok.jpg
samsat pojok puspa agro

Tadi pas aku bayar ke sana, gak ada antrian panjang. Abis numpuk STNK+KTP ASLI di loket pendaftaran, 1 menit kemudian langsung dipanggil untuk mbayar. Apa mungkin hari jumat? Apa mungkin belum terkenal bagi orang desa sekitarnya?
Coba sendiri aja deh...


Bengkel Motor Cak Muk

Bengkel Motor (Semua merk) tapi kebanyakan onderdil yang tersedia merk Hond@
Jalan Balai Desa Sukodono Sidoarjo 61258 http://goo.gl/maps/mGMSC
Dekat makam mbah Barnawi,Ngaresrejo

Pengalaman merawat pasien Stroke


Teman-teman yang mempunyai pengalaman sama, mari berbagai untuk saling melengkapi, tulis pengalaman anda di kolom komentar di bawah ini . . .

pasien stroke : bapak saya, usia 73, ini serangan stroke ke-3, telah dirawat di rumah sakit 3 kali, sekarang dirawat di rumah, lumpuh total, bicarapun tidak jelas, kelu atau pelo

dukungan keluarga sangat penting untuk memompa semangat pasien cepat pulih. jangan percaya 100% pada perawat, dia menemani pasien atas dasar uang, sedang anggota keluarga atas dasar hati :-)

pagi-pagi jam 04:30, bapak saya pandu sholat shubuh, dengan tayamun dan sholat dua rekaat dengan berbaring.

jam 05:00, diberi fisioterapi, awalnya mengamati ahli fisioterapi di rumah sakit saat menerapi bapak, selanjutnya saya tiru dan praktekkan pada bapak. filosofinya melakukan pelenturan pada persendian agar otot-otot tidak kaku, tiap arah gerak sendi 5 kali. kesuksesan fisioterapi bisa dilihat bila pasien jadi ngantuk dan tidur, berarti terapi pas dan nyaman

jam 05:30, mandi pagi, karena lumpuh, mandi dengan usap lap basah / sibin coro jowone :-), seminggu sekali mandi dengan siram air hangat. bila pasien merasa nyaman, maka selama diusap akan tertidur . . . emang pasien stroke banyak tidurnyaaa :-)

06:00, makan pagi, karena susah mengunyah dan syaraf menelan juga terganggu diserang stroke, semua makanan digiling atau diblender halus.

06:30, lanjut minum obat, obat pil / tablet digerus halus, suapkan dalam larutan madu encer, untuk mengurangi rasa pahit atau getas obat

07:00, ajak jalan-jalan, gunakan kursi roda, dan berjemur sinar matahari pagi. jangan diisolasi, bila perlu di pinggir lalu-lalang orang banyak, agar otaknya teraktifasi lebih banyak.

08:30, rebahan dan ajak sholat sunnah dhuha.

09:30, beri minum jus buah, dan kuota air 2 liter per hari harus habis, agar fungsi organ tubuh terjaga.

10:00, diberi fisioterapi agar otot dan sendi tetap lentur, jangan lupa bagian leher, rahang dan pipi juga diterapi, bagian ini sering terlewati

11:00, segelas air putih

12:00, sholat dhuhur lanjut makan siang, lanjut minum obat,

13:00, istirahat siang, perdengarkan suara-suara kesukaannya, misal musik klasik, langgam jawa, atau murottal. dekatkan dengan hobby masa muda, misal kicau burung. kabari teman-teman masa mudanya, agar datang dan berbagi cerita gembira

15:00, sholat ashar, lanjut fisioterapi. jangan lupa jadwal konsultasi dokter, agar dievaluasi perkembangannya.

16:00, mandi sore, lanjut makan dan obat malam

17:30, maghrib, lantunkan bacaan surat-surat pendek dan terjemahannya dari suaramu sendiri, jangan dari rekaman mp3 :-)

19:00, isya’ dan istirahat malam, bila tidurnya gelisah, variasikan dengan miring ke kanan, ke kiri, atau duduk beberapa menit, lalu rabahan lagi, agar punggungnya tidak panas dan lecet.

NB: Ini bukan pengalaman penulis sendiri. Saya ambil dari sebuah komen di facebook, tapi lupa tidak saya simpan linknya ^_^

Jumat, 02 Mei 2014

Cara Membuat Anak Mau Makan

    Memiliki anak adalah kebanggaan tiap orangtua. Namun semua tahu bahwa memelihara jauh lebih sulit daripada membuat. Menghasilkan anak bisa dilakukan dalam waktu singkat, ber hoho hihi sebentar, dikandung beberapa bulan, dan voilah lahirlah seorang manusia. Lain hal dengan merawatnya, butuh waktu belasan bahkan puluhan tahun. Memberi makan, mengajari sopan santun, membekali dengan ilmu bertahan hidup, de el el (setidaknya itu yang kelihatan di mata saya, karena saya belum punya istri jadi belum pernah merasakan mengasuh anak).
Salah satu hal yang menarik saya sebagai salah seorang calon bapak adalah banyak ibu- ibu yang merasa frustrasi dengan menyuruh putra/ putrinya yang masih kecil untuk makan. Nah oleh karena itu saya tiba- tiba memiliki ide begini untuk membuat anak 'terpaksa' mau makan.
Contoh kasus anak tetangga yang tidak mau disuruh makan. Sebut saja namanya A. Tiap kali ibunya menyuruh makan, dia beralasan "Sebentar bu, main layang- layang dulu". Tapi saya tahu, 'sebentar' versi anak tersebut dari waktu sarapan sampai menjelang makan malam tiba. Mungkin si A merasa, tidak ada hal yang asyik dalam acara makan. Bermain layang- layang lebih menyenangkan. Yah, begitulah anak- anak, di dalam dunianya yang menarik hanyalah bermain. Selebihnya adalah 'bosan bermain'.
Baiklah, ke inti solusinya.

Rabu, 30 April 2014

Amalan Wanita Sehari- hari

1..Seorang istri menawarkan diri ke suaminya akan mendapat ganjaran satu kali haji mabrur.
2. Seorang istri yang mengucapkan terimakasih saat diberi uang belanja oleh suaminya, memperoleh pahala membaca AlQuran satu kali khatam.
3. Seorang istri yang mencuci pakaian suaminya, maka 1000 dosanya akan diampuni