Selasa, 16 April 2013

Yuk..Servis Motor Sendiri-Electric Starter di Sepeda Motor Tidak Berfungsi

Hmmm...penasaran beberapa hari ini motorku tak mau distarter(electric starter). Cuma sekali pas baru nyala bisa bunyi starternya, cekikik..lalu mati. Beberapa kali kupencet tombolnya not responding. Waktu mesin mati dan kunci on, lampu rem gak bisa nyala. Lampu sein juga sama.
Waktu mesin nyala, lampu indikator gigi nyala redup tergantung putaran mesin.
Kukira akinya yang sudah soak lagi. Sejak 6 tahun lalu, akinya baru sekali ganti.
Kalau benar karena aki yang sudah uzur, harus siap- siap uang 100ribu lebih nich..
Kubiarkan saja kondisinya seperti itu selama beberapa hari. Aku bilang pada bapakku, komentar beliau "iku kabele mbubuk(bhs. Jawa)". Maaf gak ngerti bahasa Indonesianya.
Selang beberapa hari kemudian aku lihat akinya, dan benar apa kata bapakku. Alhamdulillah ternyata akinya gak rusak. Cuma kutub negatifnya yang mbubuk(apa yaa istilah Indonesianyaa..? hmmm)
Ini nih kutub negatif yang gak normal. Kotor kena karat. Ini sebabnya  electric stater gak mau nyala



Kutub positif yang bagus, normal seperti ini. Bersih dari karat 

Tau kan bedanya kondisi kutub positif dan kutub negatif?

Cara membersihkannya, kutub-kutub disiram dengan air panas. Sebelumnya lepas dulu kabelnya. Tapi kalau baut  penahan kabelnya sulit dilepas seperti yang saya alami, langsung aja siram. Setelah disiram air panas bisa lebih mudah dilepas. 
Supaya lebih bersih bisa dibersihkan dengan kertas gosok/ amplas. Kata pepatah tak ada rotan akarpun jadi. Pakai aja gunting atau pisau kecil, gosok- gosok ke permukaan kutubnya sampai kinclong dech.
 Lalu pasang lagi dong, dijamin cleg greng. Mesin langsung nyala begitu tombol electric starter ditekan. Gak usah pakai engkol lagi deh.

2 komentar:

  1. Gan kalo akinya gampang habis strumnya, gimana caranya?

    BalasHapus
  2. itu namanya aki soak gan, gak ada cara lain selain ganti aki baru

    BalasHapus